HUBUNGAN
ANTAR BAGIAN DEPARTEMEN DI HOTEL
Hotel
adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial, dan diperuntukkan bagi
umum yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu dan dilengkapi
dengan fasilitas lain yang diperlukan, mendapatkan pelayanan serta makan dan
minuman. Di hotel ada 9 departement yaitu :
A. Front
office Department
Front office berasal dari bahasa
inggris “front” yang berarti depan, dan “office” berarti kantor. Jadi front
Office Department adalah departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung
dengan tamu, menerima pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun
memberikan informasi yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan
pertama bagi tamu ketika tamu hendak check in.
Adapun
section di Front Office Department adalah sebagai berikut :
a.
Reservation Section yaitu seksi ini bertugas dan bertanggung jawab melayani
tamu terhadap pelayanan pemesanan kamar, memberikan konfirmasi kamar dan
mengontrol jumlah dan jenis kamar yang terjual dan yang belum terjual.
b.
Reception Section yaitu seksi yang bertugas melayani penerimaan kedatangan tamu
perorangan, rombongan dan tamu-tamu VIP (Very Important Person).
c.
Concierge atau bell boy yaitu section
yang bertugas melayani penanganan barang-barang tamu, memberikan penjelasan
tentang informasi yang diperlukan tamu seperti penjelasan mengenai fasilitas
hotel, tempat-tempat berbelanja, tempat hiburan dan qlain sebagainya.
d.
Telephone Operator seksi ini bertugas melayani permintaan sambungan telepon,
baik lokal maupun interlokal, nasional maupun internasional. Malayani
permintaan wake-up call.
e.
Front Office Cashier yaitu bagian atau seksi yang bertugas dan bertanggung
jawab untuk menangani pembayaran bill tamu ataupun dalam penukaran uang.
f.
Airport & Harbor Representative yaitu seksi yang bertugas dan bertanggung
jawab menangani tamu yang check-in ataupun check-out melalui bandara ataupun
pelabuhan.
Hubungan
Kerja Antara Front Office Department Dengan Departement Yang Lainnya:
Ø Housekeeping
Department
Housekeeping
department adalah department yang salah satunya di bagian hotel yang memiliki
tugas dan tanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, pembersihan yang di
lakukan di area kamar, maupun di public area serta lobby maupun di semua area
hotel. Adapun hubungan kerja samanya sebagai berikut:
a.
Masalah status kamar dan kebersihan kamar tamu
b.
Masalah room discrepancy (perbedaan status kamar)
c.
Masalah perpindahan kamar
d.
Masalah kedatanagan dan keberangkatan tamu.
Ø Food
& Beverage Department
Food
& Beverage Departement adalah department yang menyediakan makan dan minuman
bagi tamu. Beberapa hotel memiliki berbagai jenis restaurant dan menu makanan.
Adapaun
hubungan kerjasamnya sebagai berikut:
a.
Penyediaan makanan dan minuman sesuai dengan tingkat hunian kamar.
b.
Penanganan meal coupon
c.
Penanganan minuman selamat datang (welcome drink)
d.
Penanganan daily buffet sehari-hari di coffe shop (untuk tamu rombongan yang
menggunaka fasilitas meal coupon)
Ø Accounting
Department
Accounting
Departement adalah bagian yang berhubungan dengan masalah keuangan hotel.
Adapun hubungan kerjasamanya sebagai berikut:
a.
Menangani masalah penagihan kartu kredit tamu yang belum terbayar
b.
Masalah jumlah tagihan tamu
c.
Masalah remittance of funds
d.
Masalah penanganan hotel revenue
e.
Masalah penggajian bulanan
Ø Engineering
Department
Engineering
department adalah memiliki peran dalan pemeliharaan struktur bangunan deperti
listrik, dan mesin-mesin lainnya. Adapun hubungan kerja samanya sebagai
berikut:
a.
Penanganan kerusakan AC, toilet, ataupun alat elektronik yang lainnya.
b.
Penanggulangan kebakaran
c.
Pembuatan kunci duplikat (jika hotel tersebutmasih menggunakan kunci manual)
d.
Menangani working/memo order sehubungan dengan kerusakan yang terjadi pada
alat-alat di front office departement
Ø Security
Departement
Security
department adalah bagian yang bertugas dan bertanggung jawab akan ketertiban
dan keamanan di area hotel. Sebenarnnya seluruh karyawan mempunyai kewajiban
untuk menjaga keamanan para tamu yang menginap di hotel. Adapun hubungan
kerjasamanya sebagai berikut:
a.
Menjaga dan mengawasi kamar tamu yang akan di duga skipper
b.
Melindungi barang milik tamu.
c.
Menicptakan suasana aman kepada tamu, karyawan, dan pengunjung yang datang ke
hotel.
d.
Mencatat plat kendaran bermotor yang masuk ke hotel khususnya yang mengantarkan
tamu ke hotel.
B. Housekeeping
Housekeeping
department adalah departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh
kebersihan hotel baik dalam ruangan maupun public area serta membersihkan
berbagai fasilitas hotel. Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain
:
1.
Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai
bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
2.
Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik
didalam maupun diluar hotel.
3.
Roomboy
4.
Houseman
5.
Mini bar staff
Hubungan
kerja antara Housekeeping dengan departemen yang lainnya:
Ø Hubungan
housekeeping dengan Front Office
a. Laporan status kamar (room report)
b.
Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu
c.
Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar
sesudah tamu berangkat/check out.
d.
Front office memberi informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera
masuk/check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu
tersebut.
Ø Hubungan
Housekeeping dengan binatu (Laundry)
a.
Menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian
linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.
b.
Penanganan keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih,cucian
bernoda, cucian hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
c.
Penanganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet
lain karena listrik mati, kerusakan mesin dan lain-lain.
Ø Hubungan
housekeeping dengan bagian pembelian (Purchasing)
a.
Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK.
Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih,perlengkapan tamu,
linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti
formulir-formulir.
Ø Hubungan
Housekeeping dengan bagian Engineering
a.
Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat
terutama yang menyangkut operasional HK.
b.
Perbaikan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.
Ø Hubungan
Housekeeping dan Security
a. Pengawasan oleh pihak keamanan pada
area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.
b.
Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.
Ø Hubungan
Housekeeping dengan Food & Beverage
a.
Pelayanan room service kepada tamu.
b. Pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk
tamu VIP
Ø Hubungan
Housekeeping dengan bagian Personalia
a.
Pengadaan tenaga kerja
b.
Pengangkatan pegawai
c.
Pelatihan pegawai
d.
Pemutusan hubungan kerja
e.
Cuti karyawan
f.
Surat peringatan untuk pegawai
g.
Pembayaran gaji dan lembur pegawai
C. Accounting
Accounting
departement adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah
administrasi hotel baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel.
Accounting merupakan bagian terpenting yang terdapat dihotel karena pada bagian
ini sangat berfungsi untuk mengwasi kuangan hotel yang keluar maupun yang masuk
sebagai pendapatan.
Adapun
section di Accounting adalah sebagai berikut :
a.
General cashier
b. Cost control
c.
Purchasing
d.
Store
e.
Income auditer
f. Restaurant cashier
g.
Account receivable
h.
Credit
i.
Book keeper
Hubungan
kerja antara Accounting dengan departemen yang lainnya
Ø Hubungan
Accounting dengan bagian Housekeeping dalam hal untuk memeriksa kembali dan
memastikan bahwa data kamar yang sudah siap dijual yang diberikan bagian
housekeeping seimbang dengan data yang diberikan bagian front office.
Ø Hubungan
Accounting dengan bagian Front Office dalam hal mempersiapkan guest bill,
pengembalian registration card, dan perubahan harga kamar.
Ø Hubungan
Accounting dengan bagian Sales Marketing dalam hal mempersiapkan voucher gratis
untuk tamu.
Ø Hubungan Accounting dengan bagian manager
ataupun GM untuk meminta persetujuan tanda tangan kontrak dengan supplier atau
pihak yang akan bekerja sama dengan hotel, serta meng-approve entertainment
officer checks.
D. Food
& Beverage Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang
mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman
serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang
tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta
profesional. Food and beverage department merupakan departemen yang sangat
mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman
dalam menjalankan tugasnya food and beverage department.
Adapun
section di Food & Beverage adalah sebagai berikut :
a.
Food & Beverage Service
b. Food & Beverage product
Ø Hubungan
antara Food & Beverage dengan department lain yaitu :
1.
Hubungan Food & Beverage dan Front Office Front Office akan
menginformasikan kepada semua departemen tentang jumlah tamu yang tinggal
dihotel, tamu yang akan datang (check-in), tamu yang keluar (check-out). Dan
tamu penting sehingga F & B dapat menggunakan informasi tersebut sebagai
pedoman dalam operasional.
a. Front Office akan menjual produk F
& B ( food, beverage, dan service ) kepada tamu yang datang.
b. F & B akan menyiapkan welcome drink
kepada tamu yang baru checkin.
2.
Hubungan Food & Beverage dan Housekeeping Housekeeping (HK) akan menyiapkan
linen-linen (table clouth, napkin, skirting) yang diperlukan oleh F&B
service.
a. Housekeeping membersihkan area f&b
service.
b. Housekeeping akan menyiapkan vas flower
yang diperlukan f&b service.
c. Menyiapkan menu yang ada di kamar tamu
(room service menu).
3.
Hubungan Food & Beverage dan Accounting
a. Accounting akan menyiapkan kasir.
b.
Accounting akan membeli dan menyiapkan besarnya biaya yang diperlukan di F
& B baik besarnya biaya makanan maupun minuman.
4.
Hubungan Food & Beverage dan HRD
Menyangkut masalah personal karyawan Food
& Beverage Department seperti pengrekrutan karyawan, promosi jabatan, gaji
dan lain sebagainya.
5.
Hubungan Food & Beverage dan Sales Marketing Pada sebuah hotel bagian ini
menjalin hubungan baik dengan perusahaan lain untuk mempromosikan ruangan
meeting dan makanan yang dikelola oleh F & B Department yang terdapat di
hotel.
6.
Hubungan Food & Beverage dan Laundry Uniform, napkin, table cloth, skirting
place mate, dan sebagainya yang berupa kain untuk keperluan operasional
restaurant disediakan oleh laundry. Termasuk pencucian, penyetrikaan, dan
perbaikannya.
7.
Hubungan Food & Beverage dan Enggineering Bertugas untuk dekorasi lampu,
terutama pada acara-acara spesial, AC, pengeras suara, kulkas, mesin pembuat es
batu, cold storage, telepon, perbaikan engsel pintu, jendela, laci, dan
sebagainya untuk keperluan restoran ditangani oleh engeneering.
E. Sales
Marketing
Sales
Marketting adalah suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat
maupun pelanggan agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang
menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel. Jadi Sales and Marketing
Department adalah salah satu department yang ada dihotel yang bertugas dan
bertanggung jawab atas untuk penjualan produk yang dimiliki hotel serta
memasarkanya.
F. Laundry
Bertanggung jawab untuk menyediakan
linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan meeting room,
menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang
kotor. Adapun section di Laundry adalah sebagai berikut :
a.Valet
b.Washer
c.Presser
d.Marker
e.Checker
Hubungan
antara Laundry dengan departemen lain yaitu :
1. Hubungan Laundry dengan Enggineering
Engineering adalah bagian yang mensuplai penggunaan linen, air, uap panas serta
pemeliharaan dan perbaikan alat – alat, dalam hal ini adalah alat – alat yang
mendukung operasional dalam laundry.
2. Hubungan Laundry dengan Housekeeping
Hubungan kerja bagian laundry dengan tata graha terutama menyangkut pengambilan
dan pengiriman cucian tamu. Selain itu, tata graham adalah bagian atau seksi
yang paling banyak menggunakan linen terutama kamar – kamar, sehingga masalah
pencucian linen menjadi tanggung jawab bagian laundry pula.
3. Hubungan Laundry dengan Food &
Beverage Bagian yang juga banyak menggunakan linen, misalnya table cloth
(taplak meja), table mat (lap meja), dan napkin (kain serbet), sehingga masalah
pencucian linen tersebut menjadi tanggung jawab bagian laundry department.
G. Engineering
Engineering
Department adalah suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani
perawatan maupun perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel
apabila mengalami kerusakan.
H. Personalia/HRD
Personalia Departemen
adalah suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan
karyawan/trainee. serta menangani masalah yang dihadapi karyawan.
I.
Administrasi & General Department A
& G Departemen adalah suatu departemen hotel yang bertugas menangani semua
divisi serta administrasi setiap departemen, juga menjalankan target perusahaan
serta mengawasi keluar masuknya biaya perusahaan,dan membuat target revenue
hotel.
Posting Komentar