Pengertian serta Ruang Lingkup Tata Graha (Housekeeping Department)

 

TATA GRAHA ( HOUSEKEEPING )

Ruang Lingkup Tata Graha (Housekeeping Department)

 

A. Pendahuluan

Pendahuluan  ini membahas tentang ruang lingkup Tata Graha ( Housekeeping). Housekeeping sendiri memiliki definisi sebagai bagian yang berada di hotel yang bertaggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut kebersihan, kerapihan, kelengkapan, keindahan, perawatan dan kesehatan serta kenyamanan di seluruh kamar tamu dan public area, serta penanganan dan perawatan Guest laundry dan House Laundry. Housekeeping memiliki beberapa kategori seksi yang berada dalam lingkup tanggung

jawabnya, yaitu:

 Floor atau Guest Rooms

 Public area

 Linen atau uniform

 Laundry

B. Tugas dan Tanggung Jawab bagian Tata Graha (Housekeeping Department).

Tata Graha (Housekeeping Department) adalah bagian yg ada di hotel yang bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut kebersihan, kelengkapan, keindahan, perawatan dan kesehatan serta kenyamanan diseluruh kamar tamu dan public area, serta penanganan dan perawatan guest laundry dan house laundry. HK – memiliki beberapa kategori seksi yang berada dalam lingkup tanggung jawab, yaitu

 Floor atau guest rooms

 Public area

 Linen dan uniform

 Laundry

1. Floor atau Guest Rooms

Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, pengaturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada area koridor setiap lantai.

Petugas-petugas yg berada di dalam seksi ini adalah :

 Floor housekeeper atau floor section manager

 Floor supervisor

 Room attendant

2. Public Area

Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel. Dalam beberapa hotel memiliki kebijakan dengan memberikan area koridor lantai dalam tanggung jawab Public Area. Fasilitas tersebut bervariasi tergantung dari criteria hotel tersebut. Fasilitas itu antara lain :

 Lobby Area

 Public Toilet

 Restaurant

 Bar

 F & B Outlet

 Meeting/conference room

 Ballroom

 Business center

 Fitness & Health Center

 Swimming pool

 Parking area

 Outdoor garden

 Indoor garden

 Guest Lift

 Service lift

 Back office

 Locker room

 Employee corridor

 Employee dining room

 Storage area dsb

Petugas – petugas yang ada di dalam area ini adalah :

 Public area housekeeper PA Manager

 PA Supervisor atau Houseman Spv

 PA Attendant atau houseman

 Toilet Attendant

 Night Cleaner

 Gardener

 Florist

3. Linen / Uniform

Seksi ini bertanggung jawab terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan pemeliharaaan linen atau lena yang digunakan oleh departemen terkait seperti floor section, banquet dan Food & Beverage Service dan uniform atau pakaian seragam kerja seluruh karyawan hotel.

Petugas –petugas yang berada di dalam seksi ini adalah

Linen / uniform supervisor

 Linen supervisor

 Uniform supervisor

 Linen attendant

 Uniform attendant

 Tailor / seamstress

4. Laundry

Seksi ini bertanggung jawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk Guest Laundry maupun House Laundry dan Uniform. Guest Laundry adalah pakaian untuk tamu, sedangkan house laundry adalah linen (lena) yang digunakan oleh housekeeping dan departemen lain, serta penanganan uniform atau pakain seragam kerja seluruh karyawan hotel. Dalam beberapa hotel, laundry juga melakukan penanganan untuk jasa laundry luar (outside laundry), baik untuk individu maupun usaha jasa hotel, restoran, pabrik dsb-nya merupakan revenue tambahan bagi laundry.

Petugas-petugas yang berada dibawah seksi ini :

 Laundry manager

 Assistant laundry manager

 Laundry supervisor :

 Guest laundry Supervisor

 House laundry supervisor

 Valet

 Washer

 Presser

 Ironer

 Marker

 Checker

Laundry merupakan bagian khusus yang dalam kebijakan di beberapa hotel menjadi departemen yang terpisah dari housekeeping dimana posisi laundry manager dapat berdiri sejajar dengan executive housekeeper dan bertanggung jawab kepada rooms division manager atau langsung kepada General Manager. Apabila kebijakan ini diberlakukan di hotel tersebut, maka housekeeping hanya bertanggung-jawab terhadap floor atau guest rooms, public area dan linen / uniform.

C. Organization Chart Housekeeping

Struktur dapat menunjukkan garis komando, atau urutan hirarki atasan dan bawahan. Dengan struktur karyawan dapat mengetahui siapa atasannya langsung, atasan tidak langsung, bawahan langsung atau bawahan tidak langsung. Mereka dapat mengetahui kepada siapa mereka harus bertanggung jawab, atau kepada siapa mereka memberikan instruksi kerja yang harus ditugaskan atau dilakukan oleh staff yang berada di bawahnya. Struktur organisasi dapat berbeda tergantung besar kecilnya hotel tersebut atau besar kecilnya ruang lingkup tanggung jawab housekeeping. Semakin besar ruang lingkup housekeeping, semakin luas pula seksi-seksi yang ada didalamnya. Pimpinan pun mungkin bukan lagi Executive Housekeeper, tapi bisa adalah Director Of Housekeeping, sedangkan Executive Housekeeper merupakan orang kedua yang bisa jadi dijabat lebih dari 1 orang. Sementara bila hotel tersebut dikategorikan sebagai bhotel kecil, maka pimpinan tertinggi bisa jadi hanya Rooms Division Coordinator, yang dibantu oleh Front Office Supervisor untuk pengawasan di Front Office dan Housekeeping Supervisor untuk pengawasan di Housekeeping atau Laundry. Khusus Laundry, di beberapa hotel Laundry adalah salah satu seksi di dalam struktur organisasi di Housekeeping, namun ada sebagian hotel yang memberlakukan Laundry sebagai departemen yang terpisah dari housekeeping, walaupun tetap berada dalam satu divisi, Rooms Division (lihat contoh struktur organisasi housekeeping berikut ini).

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Hotel Besar

 

 

 

 

 

 

Struktur Organisasi Hotel Menengah

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Organisasi Hotel Kecil

 

Job Description Section Public Area

a. Job Description Public Area Housekeeper

 

 

 

 

 

Fungsi Utama

Menjalankan dan mengatur system pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, melakukan pemeliharaan dan perawatan atas fasilitas public area sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.

Jabaran Tugas

1. Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yang terjadi di public area.

2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh karyawan di public area section serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standart yang ditentukan.

3. Menyusun jadwal kerja yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada.

4. Membuat laporan dan data-data kondisi public area untuk program perawatan atau perbaikan serta menyerahkan laporan kepada executive housekeeper / assistant.

5. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan peralatan atau cleaning supplies, materials dan equipment yang disediakan untuk operasional di public area sehingga berfungsi dan terawatt sesuai dengan standart yang ditentukan.

6. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan pemeliharaan dan penyimpanan peralatan keperluan public area section seperti trolley, bucket, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment di public area pantry atau janitor room

yang disediakan.

7. Melakukan pengawasan dan penataan dekorasi bunga di public area dan meyakinkan bahwa keindahan dan kerapihan penataan berjalan sesuai yang telah ditentukan.

8. Melakukan pengawasan pelaksanaan administrasi dan filing di public area section.

9. Membuat program pelatihan (training program) terhadap karyawan public area secara rutin.

10. Menyusun program pemeliharaan atau pembersihan public area secara berkala sesuai dengan keperluan, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai carpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dsb.

11. Melakukan pemeriksaan atau inspeksi public area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan area terjaga baik sesuai dengan standart yang ditentukan.

12. Membuat laporan maintenance (perawatan) kepada engineering atas hal yang perlu dilakukan di public area.

13. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh executive housekeeper serta melaporkan hasilnya kepada executive housekeeper.

14. Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua section, seperti floor, linen / uniform dan laundry serta dengan departemen lain, atas perawatan public area yang terbaik.

15. Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan karyawan housekeeping, baik level supervisor ataupun staff untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.

16. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

17. Menjalankan tugas yang diberikan oleh executive housekeeper atau assistant executive housekeeper

b. Public Area Supervisor

Jabatan Public Area Supervisor

 

 

 

 

Fungsi Utama

Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapihan dan pemeliharaan Public Area seperti lobby,

F & B outlet, meeting room ruangan kantor, parking area, swimming pool, public toilet dsb dan

pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.

Jabaran Tugas

1. Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standart prosedur yang ditentukan.

2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public Area Attendant, night cleaner, toilet attendant, florist serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standart yang ditentukan.

3. Melakukan handling over dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.

4. Memeriksa daftar kehadiran staff public area setiap hari.

5. Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapihan, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.

6. Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebagainya yang telah dikerjakan oleh oleh staff pada hari itu.

7. Melengkapi laporan dalam Public Area Supervisor log book setiap shift.

8. Membuat laporan maintenance request kepada engineering dan menindak lanjuti areaarea, fasilitas atau perlatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.

9. Memeriksa kebersihan, kerapihan dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area janitor room atau pantry

10. Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.

11. Membuat program pelatihan (training program) terhadap staff public area secara rutin.

12. Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dsb.

13. Melakukan pemeriksaan atau inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standart yang ditentukan.

14. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh assistant executive housekeeper atau floor housekeeperserta melaporkan hasilnya.

15. Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan section seperti floor, linen/ uniform dan laundry serta dengan department lain, terutama front office dan engginering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.

16. Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan staff public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.

17. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

18. Menjalankan tugas yang diberikan oleh public area housekeeper atau housekeeper /assistant atau floor housekeeper.

c. Public Area Attendant – Morning

Fungsi Utama

Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area dan pelaksanaan kerja pada morning shift (giliran kerja pagi), menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.

Jabaran Tugas

1. Melakukan handling over dengan night cleaner pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan public area attendant evening shift pada saat akan meyelesaikan tugas.

2. Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.

3. Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.

4. Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping.

5. Membersihkan restaurant atau F & B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.

6. Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.

7. Membantu mengosongkan sampah dan linen kotor dari room attendant trolley.

8. Mengosongkan tempat sampah di area umum.

9. Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.

10. Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.

11. Melaporkan ke public area supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di area.

12. Memeriksa kebersihan, kerpaihan dan kelengkapan peralatan keperluan public area section seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.

13. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.

14. Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.

15. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

16. Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan

d. Public Area Attendant – Evening

Fungsi Utama

Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area dan pelaksanaan kerja pada evening shift (giliran kerja sore), menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.

Jabaran Tugas

1. Melakukan handling over dengan public area attendant evening shift pada saat akan

memulai kerja dan handling over dengan night cleaner pada saat akan meyelesaikan tugas.

2. Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.

3. Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.

4. Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping dan bila perlu dengan menggunakan mesin buffing.

5. Membersihkan restaurant atau F & B outlet lain selepas waktu makan malam sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.

6. Memeriksa tempat-tempat sampah di area umum dan mengosongkannya bilamana perlu.

7. Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.

8. Membersihkan back office, executive office atau management office bila ruangan sudah tidak digunakan atau selepas kerja.

9. Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.

10. Melaporkan ke publica area supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di area

11. Memeriksa kebersihan, kerpaihan dan kelengkapan peralatan keperluan public area section seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.

12. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.

13. Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.

14. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

15. Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

e. Night Cleaner

Fungsi Utama

Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area pada night shift dan (giliran kerja malam), menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.

Jabaran Tugas

1. Melakukan handling over dengan public area attendant evening shift pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan public area attendant morning shift pada saat akan meyelesaikan tugas.

2. Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.

3. Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping.

4. Mengosongkan tempat sampah di area umum.

5. Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.

6.bMenjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi, termasuk di employee service area, seperti di locker, canteen, koridor karyawan, ruang parker dsb.

7. Melaporkan ke public area supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di area.

8. Memeriksa kebersihan, kerpaihan dan kelengkapan peralatan keperluan public area section seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.

9. Menghadiri program general cleaning, shampooing carpet, re-coating marble floor atau tugas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

10. Membantu tugas floor section menyiapkan linen di floor pantry atau tugas lain.

11. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.

12. Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik malam hari atau handling over pagi hari dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.

13. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

14. Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan

f. Toilet Attendant

Fungsi Utama

Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan ruang-ruang toilet umum maupun di back office dan locker room, menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.

Jabaran Tugas

1. Melakukan handling over dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan shift berikutnya pada saat akan meyelesaikan tugas.

2. Memberishkan toilet room di lobby, banquet room, back office, executive office, locker room dan ruang lainnya di public area.

3. Membersihkan urinoir, wash absin, vanity counter, kaca, cermin, toilet bowl, lantai drian dll.

4. Mengganti toilet tissue dan mengisi paper towel (bila tersedia) atau mengganti hand towel.

5. Memeriksa dan mengosongkan serta membersihkan tempat sampah di toilet umum.

6. Melaporkan ke public area supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di toilet room.

7. Memeriksa kebersihan, kerpaihan dan kerapian peralatan keperluan kerja seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.

8. Membantu pelaksanaan tugas staff public area lain sesuai yang diinstruksikan.

9. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.

10. Melaksanakan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pembersihan kaca jendela, general cleaning dsb.

11. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh assistant executive housekeeper atau floor housekeeper serta melaporkan hasilnya.

12. Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik malam hari atau handling over dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.

13. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

14. Menjalankan tugas khusus yang diberikan oleh executive housekeeper / assistant atau floor housekeeper.

g. Florist

Fungsi Utama

Bertanggung jawab terhadap penyediaan bunga-bunga dekorasi untuk public area, seperti lobby, FO counter, restaurant, kamar tamu dll.

Jabaran Tugas

1. Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival List dan mencatat jumlah kamar yang memerlukan bunga.

2. Menyiapkan rangkaian bunga untuk kamar-kamar, terutama untuk VIP dan yang mendapat catatan khusus.

3. Memeriksa kondisi dekorasi rangkaian bunga di lobby, restaurant, koridor, lantai, valet parking desk, GRO desk, executive office dan tempat lain yang ditentukan, bila perlu menggantinya dengan yang baru dan segar.

4. Melakukan permintaan (order) bunga hias / dekorasi sesuai dengan jadwal dan kebutuhan.

5. Bertanggung jawab terhadap seni keindahan dan estetika dekorasi dengan bunga.

6. Memenuhi permintaan khusus untuk penataan dekorasi bunga untuk acara-acara banquet bila diperlukan.

7. Menghadiri program latihan (training program) yang diadakan secara rutin.

8. Mengadiri briefing rutin setiap hari atau handling over dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.

9. Selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian ruang kerja florist setiap saat.

10. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.

11. Menjalankan tugas khusus yang diberikan oleh pimpinan.

Area Umum

1. Pintu masuk utama dan Lobby

Frekuensi pembersihan pintu masuk sangat tergantung pada cuaca. Musim hujan dan salju akan menyebabkan pintu masuk harus dibersihkan lebih sering dari biasanya. Lumpur dan garam yang tertimbun selama musim hujan dan salju dapat merusak penutup lantai dan menyebabkan bahaya bagi tamu dan karyawan. Alas di dekat pintu masuk utama dapat melindungi karpet, menyerap kotoran, dan mencegah terpeleset dan jatuh. Kebersihan yang menyeluruh pada pintu masuk utama harus dilakukan dini hari untuk menghindari ketidaknyamanan tamu. Lobby perlu kebersihan yang terus menerus karena sering digunakan dan karena lokasinya sebagai area umum yang utama di hotel. Beberapa tugas kebersihan di lobby yang dikerjakan setiap jam dan setiap hari meliputi; cleaning dan polishing semua permukaan seperti kaca dan jendela dari noda, wiping telepon, dringking fountain, asbak, dan benda lain, juga membersihkan karpet dan lantai Tugas- tugas khusus yang dilakukan mingguan meliputi Vacuuming perabot yang bersarung (upholstery) dan gorden, dusting langit-langit banquet dan ruang rapat, kantor administrasi dan pemasaran.

2. Area Front Desk

Tanggung jawab housekeeping pada area front desk bervariasi tergantung pada bentuk front desk . Bentuk front desk yang rumit dan penuh dengan ornamen perlu pembersihan yang lebih teliti dari pada permukaan yang sederhana. Secara umum staf housekeeping harus memvacuum karpet dan mengosongkan tempat sampah, asbak di depan dan belakang bangku. Housekeeping juga bertanggung jawab untuk mengelap dan menggosaok permukaan-permukaan pada front desk untuk menghilangkan bekas jari dan noda. Kerusakan pada permukaan meja harus dilaporkan kepada supervisor housekeeping. Karyawan housekeeping sekali-sekali tidak boleh memindahkan kertas-kertas atau barang- barang yang terkait dengan bisnis di area front desk.

3. Koridor

Ada banyak tugas yang tercakup dalam pembersihan koridor selain membersihkan karpet dan lantai. Petugas harus juga membersihkan baseboards dan bingkai di sekitar pintu kamar tamu. Pekerjaan ini diawali dari satu titik di koridor diteruskan sepanjang koridor hinggga satu sisi lalu kembali melalui sisi lain yang lain menuju titik awal. Perkakas penerangan harus dilap Dan bola lampu yang sudah padam harus diganti. Ventilasi udara dan sprinklers harus dilap dan diteliti. Petugas harus membersihkan noda- noda, bekas jari, dan lecet-lecet pada dinding. Terakhir, petugas harus membersihkan bagian depan dan belakang pintu keluar, menghilangkan kotoran dari rel dan memastikan bahwa pintu keluar, menghilangkan kotoran dari rel dan memastikan bahwa pintu dapat dibuka dan ditutup dengan baik.

4. Area Ice/Vending Machine

Beberapa hotel menyediakan ice/vending machine untuk kenyamanan tamu. Ice machine harus dicek dan dibersihkan setiap hari. Petugas harus mengecek mekanisme dispenser, membuang gumpalan es, melap hingga kering, membersihkan permukaan bagian luar dan pegangannya untuk menghilangkan bekas jari dan noda. Vending machine harus juga dicek operasi mekaniknya dan permukaan bagian luarnya juga harus dibersihkan dan dilap. Petugas juga harus diminta membersihkan bagian bawah dan belakang mesin, meskupun hal ini biasanya

khusus karena untuk melakukan hal itu harus mengangkat dan memindah barang yang berat.

5. Lift (Evalator)

Pembersihan area lift meliputi sisi-sisi di dekat lantai dimana tanda lecet-lecet, goresangoresan, dan sobekan-sobekan terjadi. Hand railings dan pengontrol lift harus digosok untuk menghilangkan bekas jari.Kaca dan cermin harus dibersihkan dengan hati- hati dan teliti jika ada corengannya. Bagian dalam dan luar pintu lift harus dilap semuanya dan rel pintu harus dibersihkan dari kotoran. Karpet lantai mungkin sangat sulit untuk selalu bersih dan kemungkinan perlu canister vacuum berkekuatan tinggi.

6. Toilet untuk Tamu

Toilet umum harus dibersihkan paling tidak dua kali sehari, pagi dan sore. Pembersihan yang lebih sering akan berguna untuk menjaga kelayakan sanitasi dan tingkat keamanan. Toilet mungkin perlu pembersihan ringan setiap satu atau dua jam agar selalu terjaga kenyamanannya.

7. Area Kolam Renang dan Latihan

Tugas-tugas khusus housekeeping di area kolam meliputi mengumpulkan dan menggant handuk basah, mengosongkan tempat sampah dan asbak, membersihkan dinding, menyapu dan mengepel lantai, mem-vacuum karpet, mencuci pintu, membersihkan dan mengencangkan perabot lounge.

 

Sumber :  Modul Manajemen Tata Graha dan Binatu 1 ( Housekeeping 1 ) ditulis oleh Dr. Bernadain D. Polii, M.Pd, Benny I. Towoliu, SE,M.Par

 

 

 

 

 

 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama