TATA GRAHA ( HOUSEKEEPING ) |
Ruang
Lingkup Tata Graha (Housekeeping Department)
A.
Pendahuluan
Pendahuluan ini membahas tentang ruang lingkup Tata Graha
( Housekeeping). Housekeeping sendiri memiliki definisi sebagai bagian yang
berada di hotel yang bertaggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut
kebersihan, kerapihan, kelengkapan, keindahan, perawatan dan kesehatan serta
kenyamanan di seluruh kamar tamu dan public area, serta penanganan dan
perawatan Guest laundry dan House Laundry. Housekeeping memiliki beberapa
kategori seksi yang berada dalam lingkup tanggung
jawabnya, yaitu:
Floor atau Guest Rooms
Public area
Linen atau uniform
Laundry
B.
Tugas dan Tanggung Jawab bagian Tata Graha (Housekeeping Department).
Tata Graha (Housekeeping
Department) adalah bagian yg ada di hotel yang bertanggung jawab terhadap
hal-hal yang menyangkut kebersihan, kelengkapan, keindahan, perawatan dan
kesehatan serta kenyamanan diseluruh kamar tamu dan public area, serta
penanganan dan perawatan guest laundry dan house laundry. HK – memiliki
beberapa kategori seksi yang berada dalam lingkup tanggung jawab, yaitu
Floor atau guest rooms
Public area
Linen dan uniform
Laundry
1. Floor atau Guest Rooms
Seksi ini bertanggung jawab
terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa
hotel, pengaturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada area koridor setiap
lantai.
Petugas-petugas yg berada di
dalam seksi ini adalah :
Floor housekeeper atau floor
section manager
Floor supervisor
Room attendant
2. Public Area
Seksi ini bertanggung jawab
terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum
yang ada di hotel. Dalam beberapa hotel memiliki kebijakan dengan memberikan
area koridor lantai dalam tanggung jawab Public Area. Fasilitas tersebut bervariasi
tergantung dari criteria hotel tersebut. Fasilitas itu antara lain :
Lobby Area
Public Toilet
Restaurant
Bar
F & B Outlet
Meeting/conference room
Ballroom
Business center
Fitness & Health Center
Swimming pool
Parking area
Outdoor garden
Indoor garden
Guest Lift
Service lift
Back office
Locker room
Employee corridor
Employee dining room
Storage area dsb
Petugas – petugas yang ada di
dalam area ini adalah :
Public area housekeeper PA
Manager
PA Supervisor atau Houseman Spv
PA Attendant atau houseman
Toilet Attendant
Night Cleaner
Gardener
Florist
3. Linen / Uniform
Seksi ini bertanggung jawab
terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan pemeliharaaan linen atau lena
yang digunakan oleh departemen terkait seperti floor section, banquet dan Food
& Beverage Service dan uniform atau pakaian seragam kerja seluruh karyawan
hotel.
Petugas –petugas yang berada di
dalam seksi ini adalah
Linen / uniform supervisor
Linen supervisor
Uniform supervisor
Linen attendant
Uniform attendant
Tailor / seamstress
4. Laundry
Seksi ini bertanggung jawab dalam
hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk Guest
Laundry maupun House Laundry dan Uniform. Guest Laundry adalah pakaian untuk
tamu, sedangkan house laundry adalah linen (lena) yang digunakan oleh
housekeeping dan departemen lain, serta penanganan uniform atau pakain seragam
kerja seluruh karyawan hotel. Dalam beberapa hotel, laundry juga melakukan penanganan
untuk jasa laundry luar (outside laundry), baik untuk individu maupun usaha jasa
hotel, restoran, pabrik dsb-nya merupakan revenue tambahan bagi laundry.
Petugas-petugas yang berada
dibawah seksi ini :
Laundry manager
Assistant laundry manager
Laundry supervisor :
Guest laundry Supervisor
House laundry supervisor
Valet
Washer
Presser
Ironer
Marker
Checker
Laundry merupakan bagian khusus
yang dalam kebijakan di beberapa hotel menjadi departemen yang terpisah dari
housekeeping dimana posisi laundry manager dapat berdiri sejajar dengan
executive housekeeper dan bertanggung jawab kepada rooms division manager atau
langsung kepada General Manager. Apabila kebijakan ini diberlakukan di hotel
tersebut, maka housekeeping hanya bertanggung-jawab terhadap floor atau guest
rooms, public area dan linen / uniform.
C.
Organization Chart Housekeeping
Struktur
dapat menunjukkan garis komando, atau urutan hirarki atasan dan bawahan. Dengan
struktur karyawan dapat mengetahui siapa atasannya langsung, atasan tidak
langsung, bawahan langsung atau bawahan tidak langsung. Mereka dapat mengetahui
kepada siapa mereka harus bertanggung jawab, atau kepada siapa mereka memberikan
instruksi kerja yang harus ditugaskan atau dilakukan oleh staff yang berada di bawahnya.
Struktur organisasi dapat berbeda tergantung besar kecilnya hotel tersebut atau
besar kecilnya ruang lingkup tanggung jawab housekeeping. Semakin besar ruang
lingkup housekeeping, semakin luas pula seksi-seksi yang ada didalamnya.
Pimpinan pun mungkin bukan lagi Executive Housekeeper, tapi bisa adalah
Director Of Housekeeping, sedangkan Executive Housekeeper merupakan orang kedua
yang bisa jadi dijabat lebih dari 1 orang. Sementara bila hotel tersebut
dikategorikan sebagai bhotel kecil, maka pimpinan tertinggi bisa jadi hanya
Rooms Division Coordinator, yang dibantu oleh Front Office Supervisor untuk
pengawasan di Front Office dan Housekeeping Supervisor untuk pengawasan di
Housekeeping atau Laundry. Khusus Laundry, di beberapa hotel Laundry adalah
salah satu seksi di dalam struktur organisasi di Housekeeping, namun ada
sebagian hotel yang memberlakukan Laundry sebagai departemen yang terpisah dari
housekeeping, walaupun tetap berada dalam satu divisi, Rooms Division (lihat
contoh struktur organisasi housekeeping berikut ini).
Struktur
Hotel Besar
Struktur
Organisasi Hotel Menengah
Struktur Organisasi Hotel Kecil
Job Description Section Public
Area
a. Job Description Public Area Housekeeper
Fungsi Utama
Menjalankan dan mengatur system
pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, melakukan
pemeliharaan dan perawatan atas fasilitas public area sesuai dengan standart
dan prosedur yang ditentukan.
Jabaran Tugas
1. Bertanggung jawab terhadap
operasional sehari-hari serta melakukan penyelesaian masalah yang terjadi di
public area.
2. Memberikan penugasan dan
arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh karyawan di public area
section serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan
standart yang ditentukan.
3. Menyusun jadwal kerja yang
disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada.
4. Membuat laporan dan data-data
kondisi public area untuk program perawatan atau perbaikan serta menyerahkan
laporan kepada executive housekeeper / assistant.
5. Melakukan pengawasan terhadap
penggunaan peralatan atau cleaning supplies, materials dan equipment yang
disediakan untuk operasional di public area sehingga berfungsi dan terawatt
sesuai dengan standart yang ditentukan.
6. Melakukan pemeriksaan secara
rutin terhadap proses pelaksanaan pemeliharaan dan penyimpanan peralatan
keperluan public area section seperti trolley, bucket, cleaning supplies,
cleaning agents dan cleaning equipment di public area pantry atau janitor room
yang disediakan.
7. Melakukan pengawasan dan
penataan dekorasi bunga di public area dan meyakinkan bahwa keindahan dan
kerapihan penataan berjalan sesuai yang telah ditentukan.
8. Melakukan pengawasan
pelaksanaan administrasi dan filing di public area section.
9. Membuat program pelatihan
(training program) terhadap karyawan public area secara rutin.
10. Menyusun program pemeliharaan
atau pembersihan public area secara berkala sesuai dengan keperluan, seperti
kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai carpet,
pembersihan kaca jendela, general cleaning dsb.
11. Melakukan pemeriksaan atau
inspeksi public area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan
kebersihan area terjaga baik sesuai dengan standart yang ditentukan.
12. Membuat laporan maintenance (perawatan)
kepada engineering atas hal yang perlu dilakukan di public area.
13. Melakukan pengawasan terhadap
pelaksanaan tugas yang diberikan oleh executive housekeeper serta melaporkan
hasilnya kepada executive housekeeper.
14. Melakukan kerjasama yang erat
dan baik dengan semua section, seperti floor, linen / uniform dan laundry serta
dengan departemen lain, atas perawatan public area yang terbaik.
15. Mengadakan briefing rutin
setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari, dan pertemuan berkala,
baik mingguan atau bulanan dengan karyawan housekeeping, baik level supervisor
ataupun staff untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar
pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan
pelayanan.
16. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
17. Menjalankan tugas yang
diberikan oleh executive housekeeper atau assistant executive housekeeper
b.
Public Area Supervisor
Jabatan
Public Area Supervisor
Fungsi Utama
Bertanggung jawab terhadap
kebersihan, kerapihan dan pemeliharaan Public Area seperti lobby,
F & B outlet, meeting room
ruangan kantor, parking area, swimming pool, public toilet dsb dan
pelaksanaan kerja public area
dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap
tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.
Jabaran Tugas
1. Bertanggung jawab terhadap
kebersihan public area sesuai dengan standart prosedur yang ditentukan.
2. Memberikan penugasan dan
arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan oleh Public Area Attendant,
night cleaner, toilet attendant, florist serta meyakinkan bahwa pelaksanaan
kerja dijalankan sesuai dengan standart yang ditentukan.
3. Melakukan handling over dengan
shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan shift
berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas
yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
4. Memeriksa daftar kehadiran
staff public area setiap hari.
5. Memeriksa kondisi area umum
secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapihan,
kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area
masing-masing.
6. Memeriksa secara teliti atas
ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebagainya yang telah dikerjakan
oleh oleh staff pada hari itu.
7. Melengkapi laporan dalam
Public Area Supervisor log book setiap shift.
8. Membuat laporan maintenance
request kepada engineering dan menindak lanjuti areaarea, fasilitas atau
perlatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil
pengerjaannya.
9. Memeriksa kebersihan,
kerapihan dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning
supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area janitor room atau
pantry
10. Bertanggung jawab terhadap
biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies
dan equipment.
11. Membuat program pelatihan
(training program) terhadap staff public area secara rutin.
12. Mengawasi pelaksanaan program
pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau
re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela,
general cleaning dsb.
13. Melakukan pemeriksaan atau
inspeksi area secara rutin untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan
public area terjaga baik sesuai dengan standart yang ditentukan.
14. Melakukan pengawasan terhadap
pelaksanaan tugas yang diberikan oleh assistant executive housekeeper atau
floor housekeeperserta melaporkan hasilnya.
15. Melakukan kerjasama yang erat
dan baik dengan section seperti floor, linen/ uniform dan laundry serta dengan
department lain, terutama front office dan engginering untuk meyakinkan
koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public
area yang terbaik.
16. Mengadakan briefing rutin
setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari dan pertemuan berkala,
baik mingguan atau bulanan dengan staff public area untuk melakukan koordinasi
operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan
memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
17. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
18. Menjalankan tugas yang
diberikan oleh public area housekeeper atau housekeeper /assistant atau floor
housekeeper.
c. Public Area Attendant – Morning
Fungsi Utama
Bertanggung jawab terhadap
kebersihan dan pemeliharaan public area dan pelaksanaan kerja pada morning
shift (giliran kerja pagi), menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan
terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.
Jabaran Tugas
1. Melakukan handling over dengan
night cleaner pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan public area
attendant evening shift pada saat akan meyelesaikan tugas.
2. Membersihkan standing ashtray
di area lobby dan area umum lainnya.
3. Melakukan dusting di
tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
4. Membersihkan lantai dengan
sweeping dan mopping.
5. Membersihkan restaurant atau F
& B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak
mengganggu tamu yang berkunjung.
6. Membersihkan kaca dan jendela
di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
7. Membantu mengosongkan sampah
dan linen kotor dari room attendant trolley.
8. Mengosongkan tempat sampah di
area umum.
9. Menjaga kondisi meeting room
atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan,
akan digunakan atau usai digunakan.
10. Menjaga kondisi seluruh area
umum bersih dan rapi.
11. Melaporkan ke public area
supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di area.
12. Memeriksa kebersihan,
kerpaihan dan kelengkapan peralatan keperluan public area section seperti
trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
13. Menghadiri program pelatihan
(training program) yang diadakan secara rutin.
14. Menghadiri briefing rutin
setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari dan pertemuan berkala,
baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.
15. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
16. Menjalankan tugas khusus yang
diberikan sesuai kebutuhan
d. Public Area Attendant – Evening
Fungsi Utama
Bertanggung jawab terhadap
kebersihan dan pemeliharaan public area dan pelaksanaan kerja pada evening
shift (giliran kerja sore), menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan
terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.
Jabaran Tugas
1. Melakukan handling over dengan
public area attendant evening shift pada saat akan
memulai kerja dan handling over
dengan night cleaner pada saat akan meyelesaikan tugas.
2. Membersihkan standing ashtray
di area lobby dan area umum lainnya.
3. Melakukan dusting di
tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
4. Membersihkan lantai dengan
sweeping dan mopping dan bila perlu dengan menggunakan mesin buffing.
5. Membersihkan restaurant atau F
& B outlet lain selepas waktu makan malam sehingga tidak mengganggu tamu
yang berkunjung.
6. Memeriksa tempat-tempat sampah
di area umum dan mengosongkannya bilamana perlu.
7. Menjaga kondisi meeting room
atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan,
akan digunakan atau usai digunakan.
8. Membersihkan back office,
executive office atau management office bila ruangan sudah tidak digunakan atau
selepas kerja.
9. Menjaga kondisi seluruh area
umum bersih dan rapi.
10. Melaporkan ke publica area
supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di area
11. Memeriksa kebersihan,
kerpaihan dan kelengkapan peralatan keperluan public area section seperti
trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
12. Menghadiri program pelatihan
(training program) yang diadakan secara rutin.
13. Menghadiri briefing rutin
setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari dan pertemuan berkala,
baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.
14. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
15. Menjalankan tugas khusus yang
diberikan sesuai kebutuhan.
e.
Night Cleaner
Fungsi Utama
Bertanggung jawab terhadap
kebersihan dan pemeliharaan public area pada night shift dan (giliran kerja
malam), menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan
terhadap tamu, sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.
Jabaran Tugas
1. Melakukan handling over dengan
public area attendant evening shift pada saat akan memulai kerja dan handling
over dengan public area attendant morning shift pada saat akan meyelesaikan
tugas.
2. Melakukan dusting di
tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
3. Membersihkan lantai dengan
sweeping dan mopping.
4. Mengosongkan tempat sampah di
area umum.
5. Menjaga kondisi meeting room
atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan,
akan digunakan atau usai digunakan.
6.bMenjaga kondisi seluruh area
umum bersih dan rapi, termasuk di employee service area, seperti di locker,
canteen, koridor karyawan, ruang parker dsb.
7. Melaporkan ke public area
supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di area.
8. Memeriksa kebersihan,
kerpaihan dan kelengkapan peralatan keperluan public area section seperti
trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
9. Menghadiri program general
cleaning, shampooing carpet, re-coating marble floor atau tugas yang
disesuaikan dengan kebutuhan.
10. Membantu tugas floor section
menyiapkan linen di floor pantry atau tugas lain.
11. Menghadiri program pelatihan
(training program) yang diadakan secara rutin.
12. Menghadiri briefing rutin
setiap hari, baik malam hari atau handling over pagi hari dan pertemuan
berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.
13. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
14. Menjalankan tugas khusus yang
diberikan sesuai kebutuhan
f.
Toilet Attendant
Fungsi Utama
Bertanggung jawab terhadap
kebersihan dan pemeliharaan ruang-ruang toilet umum maupun di back office dan
locker room, menjalankan pelayanan housekeeping yang nyaman dan menyenangkan
sesuai dengan standart dan prosedur yang ditentukan.
Jabaran Tugas
1. Melakukan handling over dengan
shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja dan handling over dengan shift
berikutnya pada saat akan meyelesaikan tugas.
2. Memberishkan toilet room di
lobby, banquet room, back office, executive office, locker room dan ruang
lainnya di public area.
3. Membersihkan urinoir, wash
absin, vanity counter, kaca, cermin, toilet bowl, lantai drian dll.
4. Mengganti toilet tissue dan
mengisi paper towel (bila tersedia) atau mengganti hand towel.
5. Memeriksa dan mengosongkan
serta membersihkan tempat sampah di toilet umum.
6. Melaporkan ke public area
supervisor terhadap kerusakan yang terjadi di toilet room.
7. Memeriksa kebersihan,
kerpaihan dan kerapian peralatan keperluan kerja seperti trolley, cleaning
supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
8. Membantu pelaksanaan tugas
staff public area lain sesuai yang diinstruksikan.
9. Menghadiri program pelatihan
(training program) yang diadakan secara rutin.
10. Melaksanakan program
pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau
re-coating lantai marmer, pembersihan kaca jendela, general cleaning dsb.
11. Melakukan pengawasan terhadap
pelaksanaan tugas yang diberikan oleh assistant executive housekeeper atau
floor housekeeper serta melaporkan hasilnya.
12. Menghadiri briefing rutin
setiap hari, baik malam hari atau handling over dan pertemuan berkala, baik
mingguan atau bulanan.
13. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
14. Menjalankan tugas khusus yang
diberikan oleh executive housekeeper / assistant atau floor housekeeper.
g.
Florist
Fungsi Utama
Bertanggung jawab terhadap
penyediaan bunga-bunga dekorasi untuk public area, seperti lobby, FO counter,
restaurant, kamar tamu dll.
Jabaran Tugas
1. Memeriksa secara teliti atas
kamar-kamar yang akan digunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival List dan
mencatat jumlah kamar yang memerlukan bunga.
2. Menyiapkan rangkaian bunga
untuk kamar-kamar, terutama untuk VIP dan yang mendapat catatan khusus.
3. Memeriksa kondisi dekorasi
rangkaian bunga di lobby, restaurant, koridor, lantai, valet parking desk, GRO
desk, executive office dan tempat lain yang ditentukan, bila perlu menggantinya
dengan yang baru dan segar.
4. Melakukan permintaan (order)
bunga hias / dekorasi sesuai dengan jadwal dan kebutuhan.
5. Bertanggung jawab terhadap
seni keindahan dan estetika dekorasi dengan bunga.
6. Memenuhi permintaan khusus
untuk penataan dekorasi bunga untuk acara-acara banquet bila diperlukan.
7. Menghadiri program latihan
(training program) yang diadakan secara rutin.
8. Mengadiri briefing rutin
setiap hari atau handling over dan pertemuan berkala, baik mingguan atau
bulanan.
9. Selalu memperhatikan
kebersihan dan kerapian ruang kerja florist setiap saat.
10. Menjalankan prosedur
keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang
lain dan diri sendiri.
11. Menjalankan tugas khusus yang
diberikan oleh pimpinan.
Area Umum
1. Pintu masuk utama dan Lobby
Frekuensi pembersihan pintu masuk
sangat tergantung pada cuaca. Musim hujan dan salju akan menyebabkan pintu
masuk harus dibersihkan lebih sering dari biasanya. Lumpur dan garam yang
tertimbun selama musim hujan dan salju dapat merusak penutup lantai dan menyebabkan
bahaya bagi tamu dan karyawan. Alas di dekat pintu masuk utama dapat melindungi
karpet, menyerap kotoran, dan mencegah terpeleset dan jatuh. Kebersihan yang menyeluruh
pada pintu masuk utama harus dilakukan dini hari untuk menghindari ketidaknyamanan
tamu. Lobby perlu kebersihan yang terus menerus karena sering digunakan dan
karena lokasinya sebagai area umum yang utama di hotel. Beberapa tugas
kebersihan di lobby yang dikerjakan setiap jam dan setiap hari meliputi;
cleaning dan polishing semua permukaan seperti kaca dan jendela dari noda,
wiping telepon, dringking fountain, asbak, dan benda lain, juga membersihkan karpet
dan lantai Tugas- tugas khusus yang dilakukan mingguan meliputi Vacuuming
perabot yang bersarung (upholstery) dan gorden, dusting langit-langit banquet
dan ruang rapat, kantor administrasi dan pemasaran.
2. Area Front Desk
Tanggung jawab housekeeping pada
area front desk bervariasi tergantung pada bentuk front desk . Bentuk front
desk yang rumit dan penuh dengan ornamen perlu pembersihan yang lebih teliti
dari pada permukaan yang sederhana. Secara umum staf housekeeping harus
memvacuum karpet dan mengosongkan tempat sampah, asbak di depan dan belakang
bangku. Housekeeping juga bertanggung jawab untuk mengelap dan menggosaok
permukaan-permukaan pada front desk untuk menghilangkan bekas jari dan noda.
Kerusakan pada permukaan meja harus dilaporkan kepada supervisor housekeeping.
Karyawan housekeeping sekali-sekali tidak boleh memindahkan kertas-kertas atau
barang- barang yang terkait dengan bisnis di area front desk.
3. Koridor
Ada banyak tugas yang tercakup
dalam pembersihan koridor selain membersihkan karpet dan lantai. Petugas harus
juga membersihkan baseboards dan bingkai di sekitar pintu kamar tamu. Pekerjaan
ini diawali dari satu titik di koridor diteruskan sepanjang koridor hinggga
satu sisi lalu kembali melalui sisi lain yang lain menuju titik awal. Perkakas
penerangan harus dilap Dan bola lampu yang sudah padam harus diganti. Ventilasi
udara dan sprinklers harus dilap dan diteliti. Petugas harus membersihkan noda-
noda, bekas jari, dan lecet-lecet pada dinding. Terakhir, petugas harus
membersihkan bagian depan dan belakang pintu keluar, menghilangkan kotoran dari
rel dan memastikan bahwa pintu keluar, menghilangkan kotoran dari rel dan memastikan
bahwa pintu dapat dibuka dan ditutup dengan baik.
4. Area Ice/Vending Machine
Beberapa hotel menyediakan
ice/vending machine untuk kenyamanan tamu. Ice machine harus dicek dan
dibersihkan setiap hari. Petugas harus mengecek mekanisme dispenser, membuang
gumpalan es, melap hingga kering, membersihkan permukaan bagian luar dan pegangannya
untuk menghilangkan bekas jari dan noda. Vending machine harus juga dicek operasi
mekaniknya dan permukaan bagian luarnya juga harus dibersihkan dan dilap.
Petugas juga harus diminta membersihkan bagian bawah dan belakang mesin,
meskupun hal ini biasanya
khusus karena untuk melakukan hal
itu harus mengangkat dan memindah barang yang berat.
5. Lift (Evalator)
Pembersihan area lift meliputi
sisi-sisi di dekat lantai dimana tanda lecet-lecet, goresangoresan, dan
sobekan-sobekan terjadi. Hand railings dan pengontrol lift harus digosok untuk menghilangkan
bekas jari.Kaca dan cermin harus dibersihkan dengan hati- hati dan teliti jika
ada corengannya. Bagian dalam dan luar pintu lift harus dilap semuanya dan rel
pintu harus dibersihkan dari kotoran. Karpet lantai mungkin sangat sulit untuk
selalu bersih dan kemungkinan perlu canister vacuum berkekuatan tinggi.
6. Toilet untuk Tamu
Toilet umum harus dibersihkan
paling tidak dua kali sehari, pagi dan sore. Pembersihan yang lebih sering akan
berguna untuk menjaga kelayakan sanitasi dan tingkat keamanan. Toilet mungkin
perlu pembersihan ringan setiap satu atau dua jam agar selalu terjaga
kenyamanannya.
7. Area Kolam Renang dan Latihan
Tugas-tugas khusus housekeeping
di area kolam meliputi mengumpulkan dan menggant handuk basah, mengosongkan
tempat sampah dan asbak, membersihkan dinding, menyapu dan mengepel lantai,
mem-vacuum karpet, mencuci pintu, membersihkan dan mengencangkan perabot
lounge.
Sumber : Modul Manajemen Tata Graha dan Binatu 1 (
Housekeeping 1 ) ditulis oleh Dr. Bernadain D. Polii, M.Pd, Benny I. Towoliu,
SE,M.Par
Posting Komentar